Kamis, 28 April 2011

Sistem Pemipaan

oleh : Thawfiqa Tsulutsiah
Banyak orang membangun eksterior begitu bagus namun mereka tidak mengindahkan hal – hal kecil. Pemipaan adalah hal kecil yang harus diperhatikan ekstra.Kesalahan sedikit dalam merencanakan akan berakibat fatal.Salah penempatan ataupun salah mendesainnya maka dapat merugika dikemudian hari.Semisal untuk pipa air kotor,untuk pemipaan air kotor dibagi atas air kotor dari bilas ( air kotor mandi ) ada juga air kotor yang berasal dari zink maupun closed.Untuk ukuran pipa saja sudah dibedakan apalagi untuk penataannya juga berbeda.
 


Untuk pipa air kotor dari closed dan zink pemasangan tidak boleh menyudut 90o,karena dari pipa air tersebut tidak hanya air yang terbuang.Masih ada kotoran yang juga ikut terbawa sehingga untuk pipa yang digunakan biasanya ukuran 4” serta pemasangan tidak boleh menyudut untuk menghindari mampat dikemudian hari.Untuk pipa air kotor dari air bilas dapat digunakan pipa 2,5”yang biasa digunakan dipasaran karna air pembuangan ini sifatnya hanya benda cair yang tanpa disertai kotoran.
Untuk pemipaan air hujan (pembuangan) juga perlu diperhatikan.Karna apabila tidak direncanakan maka akan mengakibatkan banyak hal. Untuk masalah yang timbul dari pemipaan juga cukup banyak.Diantaranya adalah mampet.Mampet terutama untuk pipa air kotor.Banyak sekali keluhan akan hal itu.Maka dari wacana diatas banyak yang harus diperhatikan.Untuk tips mengatasi mampet juga pasti sudah banyak sekali.Dari mulai yang biasa dengan hanya memberikan garam yang dicampurkan dengan air 1 ltr kemudian disiramkan,atau dengan penggunaan soda api dan bahkan sekarang banyak sekali cairan – cairan yang dijual untuk mengatasi mampet dari masalah pipa. Namun masalah tetap harus dikoreksi kembali apabila hal – hal diatas sudah kita lakukan. Bisa saja terjadinya patahan dari pipa sehingga mengakibatkan pembuangan air kotor terhambat.Jadi untuk setiap permasalahan harus slalu dikoreksi lebih dalam.
Sumber : http://www.bangun-rumah.com/artikel-sistem-pemipaan.php

0 comments:

Posting Komentar